Kisah di Balik Lagu “Tinggal Kenangan”

 Kisah di Balik Lagu “Tinggal Kenangan”

Ilustrasi by tim inimusik.com

Digiqole ad
“Jauh kau pergi meninggalkan diriku, di sini aku merindukan dirimu”
Petikan lirik lagu di atas adalah penggalan lagu yang berjudul “Tinggal Kenangan” dan sempat viral pada tahun 2016 silam. Sebenarnya lagu ini dipopulerkan sekitar tahun 2007-2008 dimana hampir seluruh radio memutar lagu ini.
Baca Juga:  "Pemuda 45" Sindiran Epic Ala Nyi Pelet Berdusta
Mungkin karena kala itu belum populer media sosial semacam instagram, facebook atau twitter yang mana dalam sekejap bisa saja memviralkan sesuatu. Nah berbeda dengan kala itu lagu yang beraransemen melow sendu ini akan membuat siapapun yang mendengarnya akan merinding dan seakan digiring ke sebuah persepsi. Bahkan tak jarang mengatakan bulu kiduk akan merinding dibuatnya.
 
Baca Juga:  Ubud Band Lepas Kisah 347 Hari

Pasalnya hingga lagu ini booming, wujud pemainnya belum diketahui. Banyak yang bilang, sosok gadis yang menyanyikan lagu ini bernama Gaby dan sudah meninggal. Lalu mitos lainnya bilang jika kalian mendengarkan lagu ini malam-malam bakal didatangin hantunya Gaby. Kalian tidak sedang sendiriankan saat membaca ini?

Dari cerita yang beredar, lagu itu dinyanyikan Gaby karena dia baru saja kehilangan pacarnya yang meninggal akibat kecelakaan. Namun karena kesedihan yang terlalu mendalam membuat Gaby memutuskan untuk menyusul pacarnya dengan cara bunuh diri.

Baca Juga:  Menerka Tren Musik di Tahun 2020, Lagu Bali Cari Aman

Tak hanya itu saja, misteri kematian Gaby ternyata juga muncul dalam bentuk cerpen karya seorang blogger bernama Agnes Danovar. Agnes mengaku mendengar lagu itu pertama kali dari seorang temannya di Bali.

Dalam cerpen itu diceritakan bahwa Gaby mempunyai pacar bernama Popo dan bersama-sama mendirikan sebuah band. Sayang saat manggung, Popo tidak bisa hadir karena dalam keadaan kritis di rumah sakit dan akhirnya meninggal. Saking sedihnya kemudian Gaby menyanyikan lagu Tinggal Kenangan di atas panggung untuk mengenang Popo.
Baca Juga:  Pee Wee Gaskin Luncurkan Album ke-4 "Mixed Feelings"

Karena banyaknya versi yang beredar, akhirnya membuat pakar telematika Roy Suryo turun tangan. Menurut Roy, video itu direkam tahun 2005 dan dibuat oleh seorang gadis asal Makassar bernama Aby.

Aby sendiri menuturkan bahwa lagu itu diciptakan oleh rekannya bernama Pay saat masih berada di sebuah sanggar bernama Sangdipa. Lagu itu kemudian ditampilkan dalam acara kampus dan menyebar begitu saja dari satu telinga ke telinga lainnya.

Seperti yang dilansir dari laman Brilio, ada juga band Caramel dari Makassar yang mengaku membuat lagu itu dengan judul asli “Jauh.” Menurut sang gitaris lagu itu sudah diciptakan sejak tahun 2003 silam. (Red/Pra/Net)