Lagu Religi Galungan dan Kuningan, dari Berbagai Sudut Pandang

 Lagu Religi Galungan dan Kuningan, dari Berbagai Sudut Pandang

Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan/ ilustrasi foto by istimewa/ inimusik

Digiqole ad

Sebentar lagi, umat hindu akan merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Dimana upacara ini jatuh setiap enam bulan sekali (210 hari dalam perhitungan kalender Hindu) atau Budha Kliwon Dungulan dimana hari raya Galungan dan Kuningan ini diperingati sebagai hari kemenangan Dharma melawan Adharma.

Baca Juga:  Kisah di Balik Lagu "Tinggal Kenangan"

Rangkaian dari Galungan dan Kuningan pun biasanya sudah mulai sejak 25 hari sebelumnya yang ditandai dengan perayaan tumpek uduh atau tumpek bubuh. Sembari menunggu Galungan dan Kuningan yang tinggal menghitung mundur, yuk kita dengerin dulu lagu yang menggambarkan tentang Galungan dan Kuningan dari berbagai sudut pandang.

Yong Sagita – Lawar Galungan

Musisi senior yang satu ini, Yong Sagita justru mengambil tema Galungan dan Kuningan dari sisi tradisi Ngelawarnya. Di sini Yong Sagita sendiri mengajak cukup banyak penyanyi dalam lagu tersebut. Pembawaannya cukup sederhana dan sangat khas dengan tradisi ngelawar yang selalu dirayakan sehari sebelum galungan atau sering disebut penampahan galungan.

Baca Juga:  Menerka Tren Musik di Tahun 2020, Lagu Bali Cari Aman

Anggis Devaki – Galungan Ring Bali

Lagu “Galungan Ring Bali” merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh Komang Darmayuda dan diaransemen apik oleh Martin Widianto. Lagu berbahasa Bali itu menceritakan tentang Galungan dari sisi pewayangan.

Lolot Band – Galungan Lan Kuningan

Beda lagi dengan band yang satu ini, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam lagu yang berjudul “Galungan lan Kuningan”, Lolot band mengangkat tema Galungan dari sisi doa dan petuah yang mereka rangkai dengan apik.

Baca Juga:  Konspirasi Adele dan Sam Smith, Menurut Kalian?

Naya – Rahajeng Galungan Kuningan

Kalau yang satu ini terbilang sangat gress dan fresh. Naya adalah sosok penyanyi yang melejit lewat lagu “Pertama Ketemu” pada tahun 2019 dan kini ia kembali dengan lagu religi bertema galungan dan kuningan yang ia ambil dari sisi mulat sarira (introspeksi diri). Umat pun diajak untuk instospeksi diri, melakukan kebaikan dan meninggalkan perbuatan serta fikiran Adharma.

Collab Project – Galungan & Kuningan

Nah kalau yang berikut ini diambil dari sisi sosialnya dimana keceriaan umat hindu biasanya dihari raya galungan dan kuningan akan ramai-ramai ke pura dari tingkat keluarga hingga tirta yatra ke berbagai pura yang ada di Bali setelah itu sehari setelahnya akan ada momen yang disebut manis galungan. Momen ini adalah untuk silahturahmi, kumpul keluarga dan jalan-jalan.

Baca Juga:  Kisah di Balik Lagu Yesterday The Beatles

Nah itu dia lagu yang bertema Galungan dan Kuninga dari berbagai sisi. Kami dari Tim Redaksi INIMUSIK.com tidak lupa untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk seluruh umat Hindu yang merayakan. Semoga kebaikan selalu menyertai kita semua.