Melestarikan Bahasa Bali Lewat Lagu, Ini Kata Desu

 Melestarikan Bahasa Bali Lewat Lagu, Ini Kata Desu

Chika feat Angling saat perfome peluncuran mini album Di Beten Langit Bali/ inimusik/ foto by istimewa

Masih ingat Chika? Ya! Penyanyi kanak-kanak berbahasa Bali yang kurang lebih setahun lalu sempat meluncurkan single perdana “Seneng Dados Nak Bali” itu akhirnya merampungkan mini album “Di Beten Langit Bali” dan secara resmi merilis ke publik pada Minggu (20/10) di Warung Pizza Pasta Resnon.

Memuat lima lagu, karya tersebut diproduksi dalam bentuk hardcopy format DVD dan telah dilengkapi dengan video clip. Made Subrata selaku produser sekaligus ayah kandung Chika menjelaskan jika mini album itu sebagai bentuk penghargaan dan pelestarian bahasa Bali yang belakangan dinilainya mulai mengalami penurunan.

Baca Juga:  Mecy Band Luncurkan Album Satu Hati

“Terlebih lagu anak-anak. Bisa dibilang sangat langka, sehingga melalui lagu ini saya harapkan anak-anak mau ikut bernyanyi lagu untuk seusia mereka,”ucapnya.

Lebih lanjut, dalam prosesnya mini album itu dibuat secara santai namun matang dari semua sisi. Desu  -panggilan akrab ayah Chika- mengatakan jika mini album itu mengambil tema “melihat Bali dari sudut pandang anak-anak”.

Baca Juga:  Nyi Pelet Berdusta Peringatkan Arti Kejujuran di Single ke-2

“Maksudnya di sini ya Bali dari keseharian saja. Banyak terdapat bahasa dan kata yang sudah jarang kita dengar semisal Ketekat-Ketekok dan Sembuwuk. Nah saya yakin tidak semua anak-anak mengetahui kata ini,”ujarnya.

Dalam penggarapannya, ayah Chika pun menggandeng beberapa musisi senior dan muda untuk membantu penggarapan mini album ini. Sebut saja Komang Raka, Komang Darmayuda dan Gus Saka yang secara khusus menciptakan lagu di dalam album ini.

Baca Juga:  JR17 Band, Lagu Ini Seperti Dua Mata Pisau

Lagu-lagu dalam mini album ini dikreasikan dengan gaya tersendiri dari masing-masing penciptanya seperti Komang Raka dengan lagu-lagu yang komersial namun tetap easy listening, Komang Darmayuda dengan lagu-lagunya yang megah, festive dan grande, sedangkan Gus Saka dengan lagu-lagunya yang balads, sejalan dengan keinginan awal dari sang produser untuk membuat album yang mini but maxi.

Baca Juga:  Redita BRTV siapkan Mini Album, Ini Bocorannya

Di BEten Langit Bali dipilih sebagai judul mini album, menurut sang ayah karena lagu itu dianggap mampu mewakili tema secara keseluruhan dari lagu-lagu didalam album ini.

Tidak sampai di sana, yang berbeda di mini album ini, di mana di lagu Ketekak-Ketekok, Chika berduet dengan Angling Kenaka yang notabene merupakan penyanyi yang sudah sering tampil dan menjuarai berbagai festival. (Red/Pra/IMC)

musik