Lagu Bertema Nyepi dari Trio Januadi hingga Yan Bero

 Lagu Bertema Nyepi dari Trio Januadi hingga Yan Bero

Atraksi Ogoh-Ogoh/foto by Bali Express/Inimusik

Digiqole ad

Tanggal 25 Maret 2020, umat hindu, khususnya di Bali akan merayakan Hari Suci Catur Brata Penyepian. Di mana tahun ini Nyepi memasuki tahun 1942 menurut perhitungan sasih. Ada banyak rangkaian sebelumnya nyepi berlangsung seperti Melasti, Ngerupuk, Nyepi dan Ngembak Gni atau Ggembak Api.

Baca Juga:  Bocoran Album ke Dua John and The Jail Story

Nah, sembari menunggu moment yang datang setiap tahun sekali ini, yuk kita simak beberapa lagu yang bertema nyepi yang berhasil tim INIMUSIK.com rangkum.

Navicula – Saat Semua Semakin Cepat, Bali Berani Berhenti

Lagu ini dipublikasikan tepat 4 tahun lalu atau 8 Maret 2016 melalui flatform digital. Dimana menurut kabar jika lagu ini awalnya sebuah project antara Robi dan Dadang untuk menyambut nyepi.

Baca Juga:  Ketog Semprong, Jayagiri Luncurkan Tiga Album Sekaligus

Namun seiring perjalanan akhirnya mereka sepakat untuk menjadikan lagu ini sebagai proyeknya Navicula. Sehingga dalam video clip lagu ini hanya menampilkan Dadang dan Robi saja.

Supersoda – Sunyi Senyap

Supersoda yang beranggotakan Windu (Vokal/Keyboard), Gusdek (Drum/Perkusi), dan Dimas (Bass)  turut meramaikan dan memaknai Nyepi lewat lagu Sunyi Senyap.

Zat Kimia – Dalam Diam

Band yang satu ini memang cukup diperhitungkan dikancah permusikan, namun pasca merilis album “Candu” di tahun 2017, band yang beranggotakan Joshua Stevenson (gitar, vokal), Edi Pandi (bas), Nobertus Rizki (drum), dan Bimo Haryputra (gitar)  ini dikabarkan vaccum dan ada pula kabar burung yang mengatakan bahwa mereka telah sepakat untuk bubar.

Mang Boemi – Nyepi

Mungkin belum banyak yang mengenal nama Mang Boemi, tapi melalui lagu yang ia ciptakan itu siapapun akan mengetahui tentang perayaan nyepi.

Demores – Nyepi

Lagu yang diperkenalkan ke publik pada 27 Maret 2014 lalu itu memang sangat pas untuk menggambarkan tentang nyepi tahun ini dan menambah suasana semakin syahdu. Lagu yang diciptakan oleh Gde Kurniawan itu dikemas dengan versi slow rock namun tetap asik didengar.

Baca Juga:  Rilis Album ke-5, DDH Gelar Konser di Dua Tempat Berbeda dalam Sehari

Spunky – Rahina Nyepi

lagu ini dipublikasikan pada 2 Mar 2019 dimana menurut keterangan, lagu rahina Nyepi merupakan lagu pembuka di album Kompilasi Bali Rantau Vol.2 dimana album tersebut bertemakan Religi Lagu Rahine Nyepi di bawakan oleh Band SPUNKY asal Tolai, kab. Parimo, Sulawesi Tengah.

Cok Istri Nandya – Rahina Nyepi

Nah kalau yang satu ini merupakan lagu bertema Nyepi yang dibawakan oleh anak-anak. Judulnya Rahina Nyepi dan dipublikasikan pada 21 November 2018.

Trio Januadi – Sasih Kesanga

Nah untuk yang satu ini adalah lagu yang bercerita tentang Nyepi dari sisi anak perantauan yang mana biasanya pulang kampung sehari sebelum nyepi. Ada yang belum kenal dengan Trio Januadi?

Baca Juga:  Rakadhanu: Saya Senang Tumbuh Pencipta Lagu Mileneal

Rock A Bali x Barung Agung

Ini termasuk lagu bertema Nyepi yang paling fresh dan dibalut dengan genre rock dan lagu ini di publikasikan melalui platform digital pada 11 Maret 2020.

Baca Juga:  Bawakan Genre Dangdut, Gek Atu Tidak Ingin Sekedar Goyang

Lagu ini dedikasikan untuk seluruh masyarakat Bali, dimana dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian agar senantiasa introspeksi diri, tidak merasa paling benar, paling pintar, paling hebat, karna sejatinya kemampuan itu dimiliki oleh setiap insan, Tuhan menganugerahi.

Agung Ocha & Angga – Nyepi

lagu ini merupakan bagian dari Nyanyian Dharma dan di publikasikan pada 15 Mar 2018 melalui platform digital.

Yan Bero & Ocid – Ogoh Ogoh

Nah ini termasuk lagu legend dan paling populer sepanjang masa dan sangat identik dengan Nyepi. Lagu ini menceritakan tentang Ogoh –Ogoh yang diarak keliling, dipadukan dengan arransemen gamelan Bali membuatnya semakin menarik.

Baca Juga:  Gus Teja 'Murka' Lagunya Dicuri

Emoni Bali –  Rahajeng Nyepi

kalau yang satu ini lebih kepada ucapan syukur. Emoni sendiri mulai dikenal melalui tema lagu lagu sosial dan tembang rare sekitar tahun 2014.

Nosstress – Istirahat

Nyepi. Salah satu hari ternikmat sejagat raya bagi kami, mungkin juga banyak orang. Hari dimana semua kerja manusia mesti berhenti. Mengendalikan diri, dan memberi kesempatan bagi Bumi untuk bernafas lega. Lega dari hiruk pikuk manusia yang menjejaki setiap waktu. Demikian kutipan yang diambil dari kanal YouTube Nosstress.

Widya etnik – ogoh ogoh

Untuk yang satu ini, Widya Etnik cendrung mengangkat tema Nyepi dari sisi Ogoh – Ogoh. Lagu ini dirilis sekitar 2 tahun lalu melalui platfiorm YouTube.

Baca Juga:  Garap Project Baru, Bolo Hengkang dari Leeyonk Sinatra ?

Angling Kenaka – Ngarap Ogoh Ogoh

Lagu ini dipublikasikan pada tahun 2017, tentu dengan khas anak-anak.

Exo Kadal – Ogoh Ogoh

Lagu ini dirilis tahun 2019 mengambil tema Ogoh-Ogoh yang dibalut dengan genre rock khas dari Exo Kadal. Perlu diketahui Exo Kadal merupakan band yang berasal dari Negara – Bali.

Joni Agung and Double T – Ogoh-Ogoh

Tidak ketinggal dari group band bergenre reggae mebase Bali ini, Joni Agung and Double T yang bertema Ogoh-Ogoh. Lagu ini dirilis pada tahun 2019.

Baca Juga:  Rollfast Lepas Pajeromon, Kritik Isu Sosial?

Mr. Botax – Ogoh –Ogoh

Lagu yang terakhir ini bergenre rock dan dipublikasikan pada tahun 2011 dimana kala itu Lanang membuat project solo setelah Lolot Band menyatakan vacum. Nah kabarnya dalam waktu dekat lagu ini akan dirilis ulang dalam versi Reggae.

Bagaimana, lagu mana yang disukai? Share it! kalau ada yang tertinggal tentang lagu bertema Nyepi silahkan taruh dikolom komentar. Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian untuk seluruh umat hindu yang merayakannya. (Red/Dhi/IMC)

Digiqole ad